Senin, 16 Desember 2013

Pulau Karimunjawa


Sebuah Pulau yang Terletak di Kabupaten Jepara, Jawa Tengah. Dengan luas daratan +/-1500 hektare dan luas perairan +/- 110,000 hektare, Karimun jawa kini dikembangkan menjadi Pesona Wisata Taman Laut.

Pantai Ujung Gelam salah satu keindahan alam pantai di Karimun jawa, memiliki pemandangan yang indah dengan batu batuan karang dan pasir putihnya, banyak lagi tempat wisata yang dapat dikunjungi seperti, Legon Lele, Kolam Hiu, di pulau menjangan besar, Tracking Hutan Mangrove, di Desa Kemujan, Pantai Batu Karang Pengantin, di Dukuh Karang Lawang, Desa Kemujan, Pantai Barakuda dan Pantai Nirwana.

Transportasi yang di gunakan adalah kapal dari Semarang dan Jepara. Dari Pelabuhan Tanjung Emas, Semarang, Kapal Kartini 1 (kapal cepat) berangkat setiap Sabtu jam 9 pagi, dan kembali minggu siang dari Karimun jawa, lama perjalanan sekitar 2-3 jam.




Dari Pelabuhan Pantai Kartini, Jepara, terdapat kapal Muria yang berangkat setiap dua hari sekali,Jadwal kapal dari Pelabuhan Jepara biasanya berangkat setiap hari selasa, kamis, sabtu jam 9 pagi, dan dari Karimun jawa menuju Jepara hari Rabu, jumat dan minggu jam 8 pagi, Jadwal ini dapat berubah sesuai dengan cuaca atau ombak di laut Jawa, Pelabuhan Jepara juga bida membawa mobil atau motor untuk diseberangkan ke Karimun jawa, lama perjalanan kapal ekonomi ini +/- 6 jam.


Jalur udara dapat ditempuh dari Bandara Ahmad Yani,Semarang menuju Bandar Udara Dewa Daru di pulau Kemujan dengan pesawat sewa jenis CASA 212 yang disediakan oleh PT. Wisata Laut Nusa Permai, waktu tempuh sekitar 30 menit.




Sejak 15 Maret 2001. Karimun jawa ditetapkan oleh pemerintah Jepara sebagai Taman Nasional. Karimun jawa adalah rumah bagi terumbu karang, hutan bakau, serta hampir 400 spesies laut, diantaranya 242 jenis ikan hias. Beberapa fauna langka yang berhabitat disini  adalah Elang Laut Dada Putih, penyu sisik dan penyu hijau. 


Tumbuhan yang menjadi ciri khas Taman Nasional Karimun jawa yaitu Dewadaru(crystocalyx macrophyla) yang terdapat pada hutan hujan dataran rendah.

Nikmatilah indahnya surga dunia di Taman Nasional Karimun jawa dengan keindahan alam bawah laut dan pantai yang alami.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

THOUSAND ISLAND

K epulauan Seribu adalah distrik administratif Jakarta, ibu kota Indonesia. Wilayahnya adalah kepulauan Teluk Jakarta. Ke-11 pulau keci...